Sunday, October 30

mau ngomong apa,concluded....

Dengan sedikit-banyak deg-degan gue masuk ke restoran thai yang wangi dupanya na`udzubillah. buat ngusir jin sekampung juga bisa kali. gue memasrahkan diri gue pada si bos watanabe untuk menempatkan gue di tikungan mana. Alhamdulillahnya, dia bilang, `toriaezu -in the meantime- di depan resto aja.` Setelah menyimpan tas dan memberikan nomor cellphone kalo-kalo perlu dihubungi, gue dilepas ke alam rimba. Segepok pamflet di tangan dan di depan gue ada neonbox gambar paha empat cewek tanpa wajah.
Orang pertama, orang kedua, orang ketiga: ucul (luput). Rata-rata yang ucul tuh orang-orang seumuran gue yang entah kenapa pada sok sibuk benerin tali tas atau ngeluarin Mp3 dari dalam kantong jaket begitu ngeliat gue. Biar terkesan kedua tangannya occupied gitu. Belom si mbak-mbak yang cara pegang tasnya belajar dari John Robert Powers, satu tangan megang tas (sanel, luwi bitong, pendi) satu tangan pegang belanjaan sembari nilpun. Melirik daku pun tidak. Cewek aja ngga ngelirik apalagi cowok. Hiks!

Jalanan tempat gue mangkal ngga gitu lebar tapi cukup rame dilewatin. Dalam satu menit bisa 10-20 orang yang lewat. Dari 10-20 orang pamflet yang bisa gue lepas mungkin 5 atau, yah 5-lah.
Sabar, patience my dear. Dalam hati gue berusaha berpikiran positif. Supaya senyum dimuka gue ngga keliatan sengsara.

Begitu ada yang nerima, gue spontan bilang: arigato dengan suara yang girangnya ngga bisa ditutup-tutupin. Apalagi yang nerima terus senyum atau malah nyempetin ngajak ngobrol gue. Macem-macem aja pertanyaannya. Ada yang nanya; gue orang thai bukan? bukan. indonesia; ngapain di jepang? diajak bokap; berapa sih gaji kerjaan kayak gini? 700 yen perjamnya. Dari pertanyaan-pertanyaan ngga penting sampai ada yang ngasih rokok satu bungkus, udah gue pegang dan gue bilang gue ngga ngerokok, eh diambil lagi. Ikhlas ga sih, sebenarnya? Kan tuh rokok bisa gue kasihin temen-temen gue.

Pas udah mulai agak maleman si empunya neonbox gambar paha tanpa kepala itu mulai berdatangan dan menawarkan jasa bar cabaret bagi om-om atau mas-mas yang jalan-jalan beramai-ramai atau sendiri ngga jelas. Duh, gue jadi serba salah, ntar disangkanya gue juga salah satu orang situ, (padahal tampang gue asli, anak baik-baik. (pake jins, kemeja kotak-kotak, vest buat penghangat, dan rambut masih asli cetakan awal) ). Terang aja gue teriak `Thai Riori`-nya makin dipertegas.

Segepok di tangan habis sudah, masih sisa 15 menit sebelum jam 9, gue masuk untuk ngambil segepok baru. Lumayan agak rame itu resto jadinya. Siapa dulu dong yang kerja, hehehe...Meski kedinginan dan kadang-kadang mulut gue belibet karena ngulang-ngulang kalimat yang sama (kalo belibet gue malah ngga nyelesein kalimat tapi ketawa sendiri. stress deh..) Sampe senam-senam kecil, stretching badan dan muka-mulut biar luwes. Gue seneng udah ngerasain tempaan mental yang begitu dahsyatnya (sedikit hiperbolis). Selain itu gue bisa nambah cerita koleksi, `zaman nenek muda dulu` atau `zaman mama muda dulu` atau `zaman Prof. muda dulu`.

2 Comments:

At 3:47 PM, Anonymous Anonymous said...

wah pengalaman kerja jadi tukang pamflet ya? penasaran sama gambar paha nya, kirain paha ayam hahaha..
btw Thai Riori itu apa?

 
At 9:25 AM, Blogger Dian Harigelita said...

masakan thailand. mungkin juga paha ayam, ayam kampus?

 

Post a Comment

<< Home